Selasa, 24 Juli 2012

Jantung dan Khamr

     Berikut ini adalah uraian singkat mengenai kinerja jantung berdasarkan hasil penelitian para ahli, dengan harapan kita mengetahui keagungan ciptaan Allah Yang Maha Agung di dalam diri manusia.

     Panjang jantung 12,5cm, lebarnya 8,5cm. Beratnya ketika manusia dilahirkan mencapai 25,20 gram. Pada manusia dewasa beratnya mencapai 310 gram bagi laki-laki, dan 225 gram bagi perempuan. Dalam satu menit jantung memompa kira-kira lima liter darah sebanyak 7.200 liter dengan 144.000 denyutan. dengan hitungan yang lebih jauh, kita bisa mengatakan bahwa manusia yang mencapai usia 75 tahun, telah melakukan sekitar 3milyar denyutan jantung dan memompa darah sekitar 200juta liter. Sungguh Allah Maha Kuasa menciptakan semua ini.
     Musium Inggris di London menyimpan satu sampel jantung. Dari sampel tersebut terlihat jalur yang dilalui darah didalam pembuluh darah ketika memompa jantung. Jalur tersebut mencapai sekitar 100.000 kilometer dalam sehari. Darah memulai jalur peredarannya dari jantung kemudian ke paru-paru, lalu kembali lagi ke jantung kira-kira selama 7 detik. Selain itu jantung mengalirkan darah ke otak, lalu kembali lagi ke jantung kira-kira selama 8 detik. Pada saat yang sama, darah mengalir ke jari-jari kaki, lalu kembali lagi ke jantung selama 18 detik. semua angka tersebut terukur dan seimbang.
     Semua itu tidak terjadi secara tiba-tiba dan begitu saja, karena merupakan ciptaan Allah Yang Maha Adil. Organ tubuh vital pada tubuh manusia yang memiliki banyak rahasia ini (jantung), tidak terbebas dari pengaruh negatif khamr (minuman keras).
     Khamr dapat mengakibatkan jantung tidak berfungsi dan bisa mendatangkan penyakit kronis lainnya. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kerusakan jantung sekecil apapun bisa mengakibatkan kematian.
     Semua cairan alkohol yang diminum seseorang akan melalui jantung. Aliran alkohol ini akan menambah tugas jantung sehingga berdenyun diatas kemampuan biasanya. Kinerja berat ini berakibat pada tekanan dan kelelahan pada jantung.
     Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa khamr berguna untuk mengobati penyakit jantung, seperti nyeri dada, tekanan jantung yang tinggi, dan lain-lain. Akan tetapi, dengan kasih sayang Allah, terungkaplah kerancuan pendapat ini dengan berkembangnya berbagai penelitian dalam bidang kedokteran modern. Pada abad sebelumnya, ditemukan hubungan sebab-akibat antara kecanduan minuman alkohol dengan timbulnya berbagai penyakit jantung.
     Wood (1855) adalah ilmuan pertama yang menyimpulkan bahwa alkohol adalah faktor utama tidak berfungsinya jantung. Sejak saat itu berbagai penelitian terus dilakukan hingga pada tahun 1960 ditemukan penyakit baru yang dikenal dengan nama penyakit otot jantung. Penyakit ini timbul akibat kecanduan khamr.

sumber : Ensiklopedia Mukjizat Al-Quran dan Hadis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar