Rabu, 25 Juli 2012

Puasa dan Tekanan Darah

Puasa, terutama pada bulan Ramadhan, membawa berkah kesehatan bagi orang yang menjalankannya. Puasa adalah upaya untuk memohon ampunan, mencari rahmat, dan mendapat kesehatan. Sabda Rasulullah Saw yang artinya : "Berpuasalah, maka kalian akan sehat." (HR Abu Dawud dan Al-Tirmidzi).

 Pada bulan Ramadhan, seseorang dapat mengatur pola hidupnya dengan lebih baik. Oleh karena itu setiap orang harus mencurahkan kemampuannya agar dapat membakar lemak yang tersimpan didalam tubuhnya. Jika itu di lakukan maka ia dapat mengurangi lemak yang berbahaya. Seseorang akan merasakan nikmatnya berpuasa secara sempurna jika ia mengikuti anjuran para ahli tentang beberapa hal berikut :
  1. Mengurangi konsumsi garam yang berlebihan dalam makanan, agar terjaga dari meningkatnya tekanan darah dan kerapuhan tulang.
  2. Mengurangi konsumsi makanan berlemak yang tidak mengenyangkan, sehingga menyebabkan penebalan dinding pembuluh nadi.
Puasa memberi kesempatan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah secara gratis. Cara pengobatan dengan puasa itu didasarkan pada pendisiplinan dan pengekangan hawa nafsu yang dapat merugikan seseorang.

Puasa, terutama pada bulan Ramadhan, adalah terapi khusus yang hanya diikuti oleh seorang muslim selama 30 hari. Selama kurun waktu itu, puasa melakukan tugas perawatan tahunan untuk semua sistem tubuh, melakukan pembersihan darah, dan membersihkan dinding pembuluh darah.

sumber : Ensiklopedia Mukjizat Al-Quran dan Hadis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar